
:: OLEH ::
KELOMPOK IV

Grace Barre Allorerung Diplomasi
Lowrance Pangarungan
Ulfa

SMA NEGERI 1 MAKALE
TAHUN PELAJARAN
2014-2015
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami penjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, yang
telah memberikan rahmat dan
pertolongan-Nya, sehingga karya
tulis dalam bentuk makalah
ini dapat terselesaikan dengan baik. Sebuah karya sederhana dalam bentuk makalah ini disusun dengan bekal dan pengetahuan yang sangat terbatas,
sehingga tanpa bantuan dan petunjuk dari berbagai
pihak, maka akan sulit bagi kami
untuk menyelesaikannya. Oleh karena
itu, dengan
segala kerendahan hati dan penuh rasa syukur, kami haturkan rasa terimakasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dengan membantu
kami mengumpulkan materi-materi sebagai bahan penyusunan makalah ini.
Disamping
itu kami
menyadari bahwa penulisan
karya sederhana ini masih
jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, dengan penuh rasa keterbukaan, kami mengharapkan kritik dan saran yang
bersifat konstruktif dari semua pihak.
Harapan kami, semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih.
Makale, Februari 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
.........................................................................................
i
Daftar Isi
...................................................................................................
ii
BAB I (Pendahuluan)
A.
Latar
Belakang .............................................................................
1
B.
Tujuan
Penelitian
......................................................................... 1
C.
Rumusan
Masalah .......................................................................
1
D.
Manfaat
Penelitian ......................................................................
2
E.
Metode
Penelitian .......................................................................
2
F.
Sumber
Data ................................................................................
2
BAB II (Pembahasan)
I.
Pengertian
Prestasi Akademik ...................................................... 3
II. Perkembangan Prestasi Akademik di SMAN 1 Makale
................. 4
III.
Hal-Hal
yang Mempengaruhi Prestasi Akademik
di SMAN 1 Makale
......................................................................... 4
IV.
Hal-Hal
yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik di SMAN 1 MAKALE
............................................................................ 5
V. Prestasi Akademik yang Telah Diraih SMAN 1 Makale
.................. 5
BAB III (Penutup)
........................................................................................6
Daftar Pustaka
............................................................................................7
Lampiran
....................................................................................................8
BAB 1
(Pendahuluan)
A.
Latar Belakang
Pada dasarnya
manusia adalah makhluk individu dan makhluk sosial. Oleh karena
itu manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Setiap manusia
mempunyai sifat individu dan sosial. Dan sejak lahir,
manusia membawa berkat sebagai makhluk yang mempunyai kemampuan
untuk berfikir,
berkreasi, beragama
dan beradaptasi dengan lingkungan.
Secara umum, dunia pendidikan di era reformasi mengahdapi
dua tuntutan sekaligus.
Pertama,
tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan yang rendah dan
belum relevan dengan tuntutan perkembangan masyarakat. Sejalan dengan
hal tersebut, dunia pendidikan harus
menghadapi masalah era globalisasi
yaitu era dunia terbuka. Di dalam hal
ini kemakmuran
bangsa kita masih
belum memadai dalam hal kerja sama dan
juga persaningan dengan bangsa-bangsa
lain. Kedua masalah besar ini harus dapat diatasi
untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.
Dalam makalah
ini akan dibahas secara khusus tentang prestasi akademik di SMAN 1 Makale.
Pendidikan di SMAN 1 Makale saat
masih menjadikan prestasi akademik sebagai emas berharga yang menjadi tujuan
akhir dari setiap proses pembelajaran di sekolah. Para guru membekali siswanya dengan pendidikan-pendidikan akademik
yang diakhiri oleh tes-tes standar dengan harapan meraih nilai yang maksimum. Nilai
ini berupa angka-angka yang kemudian dijadikan hakim untuk menentukan
keberhasilan atau kegagalan belajar siswa. Prestasi
akademik memandang tujuan pendidikan semata-mata untuk mendukung, mendorong,
dan memfasilitasi siswa meraih nilai maksimum dan nilai
standar, terutama pelajaran-pelajaran yang termasuk bagian inti kurikulum.
B.
Tujuan Penelitian
Bagi pihak
sekolah ; sebagai bahan pertimbangan dalam merancang program-program rencana
pembelajaran kedepan.
Bagi guru ;
sebagai bahan evaluasi kemampuan diri dalam proses belajar-mengajar.
Bagi siswa ;
sebagai bahan pertimbangan dan bahan evaluasi diri dalam menentukan cara
belajar dan memacu diri dalam bidang akademik.
Bagi kalangan
umum ; sebagai penambah wawasan tentang prestasi akademik dalam dunia pendidikan.
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan prestasi akademik.
C.
Rumusan Masalah
1.
Apa
yang dimaksud dengan prestasi akademik ?
2.
Bagaimana
perkembangan prestasi akademik di SMAN 1 MAKALE saat ini ?
3.
Apa
saja yang dapat mempengaruhi prestasi akademik di SMAN 1 MAKALE ?
4.
Apa
saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi akademik si SMAN 1 MAKALE?
5.
Apa
saja prestasi akademik yang telah berhasil diraih SMAN 1 MAKALE sampai saat ini
?
D.
Manfaat Penelitian
1.
Mengetahui
prestasi akademik
2.
Mengetahui
perkembangan-perkembangan prestasi akademik di SMAN 1 MAKALE.
3.
Mengetahui
hal-hal yang mempengaruhi prestasi akademik di SMAN 1 MAKALE.
4.
Mengetahui
hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi akademik di SMAN 1 MAKALE.
5.
Mengetahui
prestasi akademik yang telah dicapai SMAN 1 MAKALE
E.
Metode Penelitian
Metode
penelitian menggunakan angket.
F.
Sumber Data
Sumber data dari
siswa SMAN 1 Makale, yang terdiri dari 20 orang kelas X, 20 orang kelas XI, dan
20 orang kelas XII.
BAB
2
(Pembahasan)
I.
Pengertian Prestasi Akademik
Prestasi
akademik terdiri dari dua kata yang mempunyai pengertian sendiri-sendiri yakni prestasi dan
akademik. Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia,
“prestasi” adalah hasil yang telah
dicapai, dilakukan atau dikerjakan, sedangkan “akademik” berasal dari
kata akademi yang artinya lembaga pendidikan tinggi kurang lebih
tiga tahun lamanya yang
mendidik tenaga profesi . Zainal Arifin
berpendapat bahwa
“prestasi” berasal dari bahasa Belanda
yaitu prestatie, kemudian dalam bahasa Indonesia menjadi prestasi yang berarti usaha. Jadi prestasi akademik adalah hasil dari
suatu kegiatan yang telah dikerjakan,
diciptakan dengan jalan kerja keras di lingkungan lembaga pendidikan.
Prestasi
akademik menurut Suryabrata
(2006) adalah hasil belajar terakhir
yang dicapai oleh siswa dalam jangka
waktu tertentu, yang mana di sekolah prestasi akademik siswa biasanya dinyatakan dalam bentuk angka atau simbol tertentu. Kemudian dengan angka atau simbol tersebut, orang lain atau siswa sendiri akan dapat mengetahui sejauhmana prestasi akademik yang telah dicapai. Dengan demikian, prestasi akademik disekolah merupakan bentuk lain dari besarnya penguasaan bahan pelajaran yang telah dicapai siswa, dan rapor bisa dijadikan hasil belajar
terakhir dari penguasaan pelajaran tersebut.
Pendidikan
pada dasarnya adalah usaha
sadar untuk menumbuhkembangkan
potensi sumber daya manusia
peserta didik dengan cara mendorong
dan memfasilitasi kegiatan belajar
mereka. Belajar adalah istilah kunci
dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan. Sebagai suatu proses,
belajar hampir selalu mendapat tempat yang luas dalam berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan upaya pendidikan. Belajar juga memainkan peranan penting dalam mempertahankan kehidupan bangsa ditengah-tengah
persaingan yang ketat di antara
bangsa-bangsa lainnya yang terlebih
dahulu maju karena belajar.
II.
Perkembangan Prestasi Akademik SMAN 1 Makale
Setelah
melakukan penelitian pada 60 siswa SMAN 1 Makale, kami memperolah hasil sebagai
berikut :

Dari 60
siswa yang menjadi objek pengamatan kami, 80% diantaranya mengatakan bahwa
prestasi akademik di SMAN 1 MAKALE menurun, 17% mengatakan prestasi akademik di
SMAN 1 MAKALE meningkat, dan 3% diantaranya mengatakan tidak tahu. Dari hasil
pengamatan tersebut, kami dapat menyimpulkan bahwa prestasi akademik di SMAN 1 MAKALE
mengalami penurunan dari hasil yang telah diperoleh di tahun-tahun sebelumnya.
Pada umumnya, orang tua siswa senang dengan nilai 9
untuk matematika, fisik, kimia dan biologi berderet menghiasi kolom rapor anaknya.
Tetapi tidak kecewa dengan nilai enam untuk musik, kesenian, dan olah raga.
Pemerintah tidak mau kalah. Olimpiade-olimpiade
pun digelar sebagai media untuk mempertontonkan kehebatan siswa. Ujung-ujungnya,
anak dipaksa bergelut hidup mati dengan soal-soal ujian sekolah dan ujian
nasional.
Hal ini juga dapat dilihat dari SMAN
1 Makale,OSN(Olimpiade Sains Nasional) yang pada tahun 2013 menenpati peringkat
umum 1 turun menjadi peringkat 4 pada tahun 2014. Hal ini dapat menjadi bukti
nyata bahwa penurunan prestasi SMAN 1 Makale saat ini sangat mengecewakan.
Bukan hanya itu, penerimaan mahasiswa di PTN untuk SMAN 1
Makale sangat minim. Hal itu dapat kita lihat pada tahun 2013, hanya 17 siswa
yang lulus di PTN.
III.
Hal-Hal yang Mempengaruhi Prestasi Akademik di SMAN 1 MAKALE
Seperti yang kita ketahui, presatasi akademik di SMAN 1 Makale tidak hanya
dipengaruhi oleh satu pihak, misalnya hanya guru saja atau hanya siswa saja.
Tetapi, prestasi akademik di SMAN 1 Makale dipengaruhi oleh semua pihak dalam
lingkungan sekolah.
Peningkatan atau pun penurunan presatasi akademik di SMAN 1 Makale juga
dapat dipengaruhi oleh hal-hal berikut.
a.
Tingkat
kecerdasan (IQ)
Tingkat kecerdasan dapat diartikan
sebagai kemampuan untuk menyesuaikan
diri dengan lingkungan dengan
cara yang tepat. Tingkat kecerdasan (IQ) siswa
tidak dapat diragukan lagi, sangat menentukan tingkat
keberhasilan belajar.
b.
Minat
belajar
Minat berarti kecenderungan dan keinginan yang tinggi atau besar terhadap
sesuatu. Minat dapat
mempengaruhi
kualitas pencapaian hasil belajar. Untuk itu, guru harus
berusaha membangkitkan minat
siswa untuk menguasai pengetahuan/pelajaran
yang diajarkan agar proses
belajar-mengajar
menjadi sesuatu yang menyenangkan baik bagi guru maupun
siswa.
c.
Bakat
siswa
Secara
umum, bakat merupakan kemampuan potensial yang dimiliki
seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang.
Dalam perkembangan selanjutnya, bakat diartikan sebagai kemampuan
individu untuk melakukan tugas tertentu tanpa banyak tergantung
pada upaya guru atau yang
lainnya.
Sehubunngan dengan hal tersebut,
bakat akan dapat mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar.
Oleh karena itu,
tidak bijaksana apabila orang tua memaksakan kehendaknya
untuk menyekolahkan anaknya pada jurusan keahlian atau bidang-bidang tertentu
tanpa mengetahui lebih dulu bakat yang dimiliki anak tersebut.
d.
Motivasi
siswa
Motivasi adalah
kondisi psikologis yang mendorong seseorang melakukan
sesuatu. Motivasi
merupakan pendorong, penggerak, atau
penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku kearah suatu tujuan
tertentu. Jadi
motivasi belajar adalah kondisi psikologis yang mendorong
seseorang untuk belajar. Dalam masalah belajar, motivasi merupakan
masalah yang sangat penting dan syarat mutlak dalam belajar. Hasil belajar pun banyak
ditentukan oleh motivasi. Makin tepat motivasi yang
diberikan, makin berhasil pelajar
dalam belajarnya. Motivasi
menentukan peningkatan usaha pembelajaran. Peneliti menyatakan bahwa hasil belajar pada
umumnya meningkat
jika motivasi belajar bertambah. Jadi, pada umumnya persoalan
mengenai motivasi dapat ditingkatkan agar prestasi belajar dapat
optimal.
e.
Fasilitas belajar
Fasilitas belajar merupakan salah satu faktor pendukung
kemajuan/peningkatan prestasi siswa. Fasilitas yang memadai dapat menambah
semangat siswa dalam belajar. Fasilitas belajar-mengajar di SMAN 1 Makale dapat
dikatakan memadai. Kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Makale ditunjang dengan
berbagai fasilitas-fasilitas seperti komputer, jaringan WiFi, alat-alat praktek
di laboratorium IPA, penggunaan LCD, dan sebagainya.
IV.
Hal-Hal yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Prestasi
Akademik di SMAN 1 MAKALE
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
prestasi akademik di SMAN 1 Makale. Hal-hal tersebut antara lain sebagai
berikut.
a.
Memacu siswa untuk meningkatkan
minat belajarnya, seperti dengan menghadirkan cara belajar yang lebih menarik
dan tidak membosankan.
b.
Memberikan
fasilitas yang lebih lengkap agar siswa betah dan bersemangat dalam belajar.
BAB
III
(Penutup)
A)
Kesimpulan
Prestasi akademik adalah hasil dari suatu
kegiatan yang telah dikerjakan,
diciptakan dengan jalan kerja keras di lingkungan lembaga pendidikan.
1)
Hal-hal
yang mempengaruhi peningkatan prestasi akademik di SMAN 1 Makale :





2)
Hal-hal yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan presatasi akademik di SMAN 1 Makale :


B) Saran
Di akhir
makalah ini, kami menyarankan agar semua pihak dalam lingkungan SMAN 1 Makale dapat
ikut serta dalam meningkatkan prestasi akademik SMAN 1 Makale. Kami berharap
dengan kerja keras dan ketekunan, SMAN 1 Makale dapat mengembalikan nama
baiknya dalam bidang akademik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar